Minggu, 30 Oktober 2016

Fotografi dengan Kamera Ponsel

Sumber foto: Pribadi

Handpone adalah alat yang awal penggunaannya hanya untuk berkomunikasi jarak jauh seperti menelfon dan mengirim pesan, namun seiring perkembangan zaman Handpone semakin ‘cangih’ dengan tambahan fitur-fitur; pemutar mp3/video, GPS, perekam suara, dan tentu saja kamera.
Kamera ponsel memang lebih banyak dipakai orang awam selain karena penggunaannya yang fleksibel kita dapat memilikinya dengan harga yang terjangkau ketimbang membeli kamera profesional DSLR, dan dengan terus bertambahnya kemampuan kamera ponsel (megapiksel, kualitas lensa dan flash), frekuensi serta jumlah penggunanya juga semakin banyak. Namun, hasil foto menggunakan kamera ini masih tetap terbatas. Bukan hanya karena kualitas kamera yang mempengaruhi foto tetapi cara menggunakannya juga meerupakan faktor utama dalam mengambil foto.
Beberapa tips ini akan memaksimalkan hasil jepretan anda dengan kamera ponsel
Jangan gunakan zoom
Kamera ponsel cenderung memperkecil obyek foto dan akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga membuat foto tidak tajam, lebih baik mendekat ke objek atau crop (potong) gambar setelah memotret.
Atur cahaya pada objek
Jangan berharap kamera ponsel dapat dengan jelas memotret dalam cahaya minim kecuali menggunakan  flash atau menggunakan pencahayaan lain. Usahakan agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash
Jaga kesetabilan saat memotret
Semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Meskipun beberapa kamera ponsel sudah dilengkapi fitur OIS, atau Optical Image Stabilisation kita tetap harus memperhatikan hal ini.  Jadi usahakan selalu agar tangan kita tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan.
Cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa
Maksudnya adalah memotret tidak di tempat mata manusia normal biasa melihat, misalnya memotret menggunakan sudut pengambilan gambar pada fotografi seperti Frog Eye Angel, Canted Angel, Low Angel, dan High Angel. Dengan begitu foto kita memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal.
Pilih resolusi tertinggi
Dengan  resolusi tinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Jika kamera pada ponsel anda memberi pilihan resolusi, maka pilihlah resolusi tertinggi. Tetapi resolusi tinggi juga otomatis ukuran file jadi lebih besar.
Kenali waktu jeda shutter
Kamera ponsel memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Shutter pada kamera ponsel lumayan lelet Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet eksposur. Maka dari itu kita harus kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat kita menekan shutter.
Pastikan lensa selalu bersih
Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah jelek. Mengingat ponsel kita lama berada di kantong maka kotoran kelamaan akan menempel di lensa kamera, oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut yang diberi cairan pembersih kacamata untuk membersihkannya.
Jangan berlebihan menggunakan efek filter
Beberapa ponsel memiliki fitur filter, sehingga Anda dapat langsung mengambil gambar dengan sensasi yang berbeda.  Namun tahukah Anda bahwa sistem filter tersebut dapat menghilangkan beberapa titik fokus pada hasil jepretan Anda. Sebenarnya ini subjektif sih, namun menurut kebanyakan orang kalau foto sudah terlalu banyak difilter, hasilnya malah jadi tidak bagus. karena itulah, sebaiknya Anda mengambil gambar tanpa filter, lalu meng-edit gambar tersebut dengan aplikasi Photoshop.
Untuk mendapatkan foto yang bagus anda tidak perlu menggunakan alat yang mahal, gunakanlah apa yang ada dan imajinasi anda.


42 komentar:

  1. Mantab gan.. update terus yaa 😉

    BalasHapus
  2. Mantap tuh, selain OIS kayanya juga ada EIS (Electrical Image Stabilization)... Bahas fungsi dual kamera di smartphone dong, kaya yang ada di iPhone 7 Plus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir. belum nyobain iphone 7 plus gan hehehe

      Hapus
  3. betul banget tuh kebiasaan memggunakan filter yg berlebihan hasil foto bukannya bagus malah menurunkan kulaitas gambar. Artikel yg bermanfaat, ditunggu gan artikel selanjutnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena fungsi filter untuk memberikan efek supaya lebih dramatis, tepapi kalo berlebihan juga malah memperburuk foto

      Hapus
  4. Buat yang hobi fotografi wajib baca nih😆 sangat bermanfaat! Ditunggu tulisan berikutnyaa yaaa

    BalasHapus
  5. Jadi sebenarnya hobby itu nggak harus mahal ya, barang apa pun -handphone- yg kita punya bisa jadi berguna kl kita tau cara memanfaatkannya. Suka sama temanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali dengan kreatifitas dan imajinasi, kita dapat membuat alternatif lain untuk menyalurkan hobi kita

      Hapus
  6. Keren nih infonya. Jadi gausah repot-repot bawa kamera kmna mana, di hp pun ternyata bisa bagus klo kita tahu caranya. Makasih ya bermanfaat sekali 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. ya karena kamera ponsel lebih efisien dalam penggunaannya

      Hapus
  7. Sangat bermanfaat, pas untuk yang suka foto-foto. Ditunggu tulisan berikutnya! :)

    BalasHapus
  8. cocok banget buat para penyuka fotografi tapi engga mau ribet. saya pribadi tipe yg engga mau ribet bawa-bawa DSLR. sangat membantu banget nih infonya ;)

    BalasHapus
  9. info yang cocok untuk yang hobi fotografi dengan kamera ponsel. hasilnya pun juga tidak kalah memuaskan dengan camera DSLR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan ponsel berlomba-lomba menggembangkan fitur kamera pada ponsel. bisa saja suatu saat di masa depan kamera ponsel setara bahkan melebihi kamera DSLR

      Hapus
  10. Mantab nih buat yg suka motret tapi gak ada kamera. Makasih infonyaaa..

    BalasHapus
  11. Waah bermanfaat sekali artikelnya, dengan demikian kita tidak perlu repot jika tak punya kamera karena kamera hp juga dapat diandalkan.

    BalasHapus
  12. cocok buat yang suka update instagram nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, cocok sekali bagi agan yang suka upload foto di instagram

      Hapus
  13. waahh iya benar sekali tipsnya
    semoga bermanfaat ya.....

    BalasHapus
  14. Cocok nih buat yang suka foto tp belom punya kamera, artikel yang bagus!

    BalasHapus
  15. waaah, bagus nih untuk menambah wawasan kita dalam bidang fotografi. Semangat fotografer indonesia ! semoga alam kita yang indah dapat dikenal dunia :D.

    BalasHapus
  16. Honestly, kamera handphone jauh lebih gampang untuk digunakan selain fisiknya jauh lebih enteng apalagi dipakai hanya untuk sekedar selfie hehe. Bagus gan mantap infonya

    BalasHapus
  17. Bermanfaat sekali, terutama untuk saya yang masih bingung bagaimana carannya untuk mendapatkan hasil yang bagus dari kamera ponsel. terima kasih ilmunya :D

    BalasHapus
  18. keren nih, buat yang nggak punya budget buat beli dslr ini bermanfaat banget. oh iya, soal yang filter itu baru tahu loh... nice info!!

    BalasHapus
  19. wiiihh bemanfaat banget buat aku yang hobi foto sana-sini. suka lupa kalo ga bawa slr, jadi ponsel pun jadiii. filternya oke juga haha makasih ya Tengku :)

    BalasHapus